Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Diet

Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Diet

diet-sehat-yang-patut-anda-coba-untuk-mengatasi-hipertensi

Cara mengobati darah tinggi dengan diet hipertensi pada lansia dapat membantu menurunkan darah tinggi secara alami dan berkesinambungan.

Diet hipertensi pada lansia layaknya diet-diet pada umumnya, jika kebanyakan orang diet untuk menurunkan berat badan sedangkan diet hipertensi bertujuan untuk menurunkan darah tinggi yang notabene penderita penyakit darah tinggi ini di alami oleh sebagian besar lansia.

Kenapa pengidap penyakit darah tinggi ini umumnya adalah orang lanjut usia ?

Secara umum, darah tinggi ini penyakit yang tidak mengenal usia, namun secara teori orang dengan usia yang sudah lanjut memiliki organ-organ tubuh yang fungsinya telah menurun sehingga di butuhkan perawatan lebih guna mendukung kinerja organ-organ tsb. Pada usia lanjut (lansia) pembuluh darah cenderung menjadi kaku dan elastisitasnya berkurang.Pembuluh yang mengalami sklerosis (aterosklerosis), resistensi dinding pembuluh darah tersebut akan meningkat. Hal ini akan memicu jantung untuk meningkatkan denyutnya agar aliran darah dapat mencapai seluruh bagian tubuh.

Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Diet Hipertensi

diet hipertensiSeseorang yang mengidap penyakit hipertensi sebaiknya mengontrol diri dalam mengkonsumsi garam. Yang dimaksud dengan garam disini adalah garam natrium yang terdapat dalam hampir semua bahan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuh-tumbuhan. Salah satu sumber utama garam natrium adalah garam dapur. Oleh karena itu, dianjurkan konsumsi garam dapur tidak lebih dari ¼ – ½ sendok teh/hari atau dapat menggunakan garam lain diluar natrium.

Tujuan diet garam rendah adalah membantu menghilangkan retensi garam atau air dalam jaringan tubuh dan menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi

Pada penderita hipertensi dimana tekanan darah tinggi > 160 /gram mmHg, selain pemberian obat-obatan anti hipertensi perlu terapi dietetik dan merubah gaya hidup. Tujuan dari penatalaksanaan diet adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tekanan darah menuju normal. Disamping itu, diet juga ditujukan untuk menurunkan faktor risiko lain seperti berat badan yang berlebih, tingginya kadar lemak kolesterol dan asam urat dalam darah. Harus diperhatikan pula penyakit degeneratif lain yang menyertai darah tinggi seperti jantung, ginjal dan diabetes mellitus.

Mengatur menu makanan sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi untuk menghindari dan membatasi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah serta meningkatkan tekanan darah, sehingga penderita tidak mengalami stroke atau infark jantung.

Makanan yang harus dihindari atau dibatasi adalah :

  1. Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi (otak, ginjal, paru, minyak kelapa, gajih).
  2. Makanan yang diolah dengan menggunakan garam natrium (biskuit, crakers, keripik dan makanan kering yang asin).
  3. Makanan dan minuman dalam kaleng (sarden, sosis, korned, sayuran serta buah-buahan dalam kaleng, soft drink).
  4. Makanan yang diawetkan (dendeng, asinan sayur atau buah, abon, ikan asin, pindang, udang kering, telur asin, selai kacang).
  5. Susu full cream, mentega, margarin, keju mayonnaise, serta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol seperti daging merah (sapi/kambing), kuning telur, kulit ayam).
  6. Bumbu-bumbu seperti kecap, maggi, terasi, saus tomat, saus sambal, tauco serta bumbu penyedap lain yang pada umumnya mengandung garam natrium.
  7. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian, tape.

Cara mengatur diet untuk penderita hipertensi adalah dengan memperbaiki rasa tawar dengan menambah gula merah/putih, bawang (merah/putih), jahe, kencur dan bumbu lain yang tidak asin atau mengandung sedikit garam natrium. Makanan dapat ditumis untuk memperbaiki rasa. Membubuhkan garam saat diatas meja makan dapat dilakukan untuk menghindari penggunaan garam yang berlebih. Dianjurkan untuk selalu menggunakan garam beryodium dan penggunaan garam jangan lebih dari 1 sendok teh per hari.

Itulah cara mengobati darah tinggi dengan diet hipertensi dengan mengurangi asupan garam natrium terhadap penderita darah tinggi, semoga dengan artikel sinkat ini dapat membantu anda menormalkan kembali tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.

Post by : spotherbal.com

Baca Juga :

Diet Golongan Darah

Tips Mengatasi Obesitas Dengan Cepat

Obat Darah Tinggi Untuk Ibu Hamil

Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Diet Hipertensi

Leave a Comment

error: Content is protected !!